ARTIKEL

Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat berasal berasal dari Amerika dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tomat dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk mentah, sebagai bahan dalam makanan seperti saus, dan minuman. Tomat juga sebagai sayur untuk keperluan memasak.Tanaman biasanya tumbuh hingga mencapai tinggi 1-3 meter tingginya tetapi memiliki batang yang lemah.
Berikut ini adalah manfaat tomat untuk kesehatan:
Anti-oksidan: Tomat mengandung banyak vitamin A dan C (beta-karoten). Vitamin ini bertindak sebagai anti-oksidan, bekerja untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam aliran darah. Radikal bebas ini berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel. Dan perlu diingat, semakin merah tomat, semakin besar kandungan beta-karoten yang dikandungnya. Juga perlu diingat bahwa memasak tomat dapat menghilangkan vitamin C di dalamnya, sehingga lebih baik mengkonsumsi tomat dalam keadaan mentah.
Diabetes: Tomat banyak mengandung mineral kromium, yang membantu penderita diabetes untuk menjaga tingkat gula darah.
Mengurangi Efek Negatif Asap Rokok: Tomat membantu mengurangi efek negatif akibat merokok. Tomat mengandung asam klorogenat dan asam coumaric, zat ini membantu melawan karsinogen oleh asap rokok.
Baik Untuk Mata: Kandungan vitamin A dalam tomat membantu meningkatkan penglihatan Anda.
Masalah Jantung: Kandaungan kalium dan vitamin B pada tomat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.
Manfaat Tomat Untuk Kulit: Di dalam tomat terdapat lycopene dalam jumlah yang tinggi, zat ini biasa ditemukan pada pembersih wajah berharga mahal. Cara terbaik untuk menggunakan tomat untuk perawatan kulit adalah mengupas delapan sampai dua belas, kemudian letakkan tomat pada wajah Anda (atau daerah kulit lainnya). Biarkan selama setidaknya 10 menit. Kemudian bilas. Wajah akan menjadi lebih bersih dan lebih mengkilap.
Manfaat Tomat Untuk Rambut: Kandungan vitamin yang A pada tomat baik untuk menjaga rambut Anda kuat dan mengkilap, dan juga baik untuk gigi, kulit dan tulang.
Kanker: Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa likopen pada tomat berperan mengurangi kemungkinan kanker prostat pada pria, dan juga mengurangi kemungkinan kanker perut dan kanker kolorektal. Lycopene adalah anti-oksidan yang dapat membantu untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dan, cukup menarik, tomat yang dimasak menghasilkan lycopene lebih daripada tomat mentah, sehingga buatlah soup tomat untuk mengurangi resiko terkena kanker.
Tulang: Tomat mengandung vitamin K dan kalsium, yang keduanya membantu memperkuat dan  memperbaiki tulang kecil dan jaringan tulang.
Batu ginjal dan batu empedu: Makan tomat tanpa biji dapat mengurangi risiko terkena penyakit batu empedu dan batu ginjal.

sumber: http://www.bolaria.net/2013/01/segudang-manfaat-tomat-untuk-kesehatan.html

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s