BENTUK BENTUK PEMERINTAHAN

Bentuk pemerintahan adalah suatu sustem yang mengatur antara alat alat perlengkapan negara dan hubungan antara alat alat negara itu.

Menurut  Budiyanto dalam bukunya dasar dasar ilmu tata negara bahwa teori teori bentuk pemerintahan klasik pada umumnya masih menggabungkan bentuk negara dan bentuk pemerintahan. Hal ini sejalan dengan pendapat Mac Iver dan Leon Duguit yang menyatakan bahwa bentuk negara sama dengan bentuk pemerintahan. Bahkan pendapat Prof.Padmo Wahyono, SH. Yaitu bentuk negara Aristrokrasi dan Demokrasi adalah bentuk pemerintahan klasik sedangkan monarki dan republik adalah bentuk pemerintahan modern.

Bentuk bentuk pemerintahan dapat dilihat dari dua sisi yaitu:

1. dilihat dari jumlah orang yang memerintah

2.dilihat dari cara cara orang memerintah.

A. Dilihat dari jumlah orang yang memerintah

  1. Ajaran Plato (429-347 SM)
  2. Ajaran Aristoteles (384-322 SM)
  3. Ajaran Polybios (204-122 SM)

B. Dilihat dari cara –cara orang memerintah

Menurut Leong Duguit dilihat dari sisi ini ada dua yaitu bentuk pemerintahan Monarki dan Republik.

Bentuk pemerintahan Monarki adalah bentuk pemerintahan yang di kepalai seorang raja,ratu,sultan, atau kaisar yang sifatnya turun temurun dengan masa jabatan seumur hidup.

Bentuk pemerintahan  monarki dapat dibedakan yaitu:

  1. Monarki Absolut

Monarki Absolut adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang raja,ratu,sultan atau kaisar dengan memegang kekuasaannya tanpa dibatasi atau tidak terbatas.

Contohya di perancis Louis XIV, semboyannya “L etat C est Moi” ( negara adalah saya). Disini kekuasaan raja meliputi bidang eksekutif,legislatif,yudikatif.

  1. Monarki Kostitusional

Monarki Kostitusional adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang raja,ratu,sultan,atau kaisar dalam memegang kekuasaan dan wewenangnya dibatasi oleh suatu Undang – Undang Dasar(konstitusi)

  1. Monarki Parlementer

Monarki Parlementer adalah bentuk pemerintahan dimana kepala negaranya seorang raja,ratu,sultan,atau kaisar dan kepala pemerintahannya di pegang oleh perdana menteri yang di angkst dan diberhentikan oleh parlemen serta tanggung jawabpun pada parlemen.

Bentuk pemerintahan Republik adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai oleh seorang presiden yang diangkat dan diberhentikan oleh rakyat dengan masa jabatan tertentu. Bentuk pemerintahan Republik dapat dibedakan yaitu:

a.   Republik Absolut

Republik Absolut adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang presiden dimana kekuasaan dan wewenangnya tanpa dibatasi sebuah konstitusi atau ada konstitusi namun diabaikan dan legislatif pun mungkin ada, tapi tidak berfungsi.

b.    Republik Konstitusional

Republik Konstitusional adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang presiden,dimana kekuasaan dan wewenangnya dibatasi oleh konstitusi, di sini lembaga legislatif berfungsi.

c.    Republik Parlementer

Republik Parlementer adalah bentuk pemerintahan, dimana kepala negaranya seorang presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri yang diangkat dan diberhentikan oleh parlemen serta bertanggung jawab pada parlemen.

  1. Bentuk pemerintahan:
    1. Monarki
  • Monarki absolut
  • Monarki konstitusional
  • Monarki parlementer

2. republik

  • Republik absolut
  • Republik konstitusionsal
  • Republik parlementer

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s